• July 23, 2024
Erik ten Hag

Erik ten Hag Siap Bertahan di Manchester United

Erik ten Hag dikabarkan akan bertahan di Manchester United untuk musim 2024-25 mendatang. Pelatih asal Belanda tersebut berada di bawah tekanan usai gagal membawa Setan Merah ke zona Champions League.

United tampil buruk pada musim lalu dan terpuruk di posisi kedelapan pada klasemen akhir Premier League 2023-24. Namun tim yang bermarkas di Old Trafford ini mengakhiri musim dengan positif usai mengalahkan Manchester City di partai final untuk memenangkan trofi FA Cup di Wembley.

Usai laga tersebut, United dikabarkan telah mengkaji ulang performa pada musim lalu untuk menentukan masa depan pelatih asal Belanda tersebut.

Baca juga:

Ten Hag, 54, mengambil alih jabatan pelatih United pada 2022 lalu dengan menggantikan Ralf Rangnick, yang menjadi pelatih interim setelah United mendepak Ole Gunnar Solskjaer.

Pada musim pertamanya, Ten Hag sukses membawa United ke peringkat ketiga pada akhir musim 2022-23, serta menorehkan trofi Carabao Cup.

Namun musim keduanya menurun drastis. Hal ini dapat dilihat pada awal musim setelah kalah enam kali dalam 10 laga pembuka di semua kompetisi.

Situasi semakin memburuk setelah gugur di Champions League, serta posisi delapan di liga merupakan yang terburuk sejak musim 1989-90. Saat skuadnya dilanda badai cedera, United menjadi salah satu dengan tim terburuk dari segi pertahanan.

Kritikan pun jatuh ke pundak Ten Hag, meski berhasil memenangkan FA Cup. Usai laga tersebut, ia mengatakan, “Dua trofi dalam dua tahun bukanlah hal yang buruk. Tiga final tidak buruk, tapi kami harus terus melaju.”

“Saya tidak puas dengan hal ini. Kami harus berbuat lebih baik. Jika mereka tidak menginginkan saya lagi, saya akan pergi ke tempat lain untuk memenangkan trofi karena itulah yang saya lakukan sepanjang karier saya.”

Baca juga:

Manajer Ipswich Town Kieran McKenna telah dikaitkan dengan pengganti pelatih Belanda itu, begitu juga dengan mantan pelatih kepala Bayern Munich dan Chelsea Thomas Tuchel.

Namun Ten Hag tidak akan meninggalkan Old Trafford, dengan salah satu pemilik United Sir Jim Ratcliffe dan direktur olahraga INEOS Sir Dave Brailsford memutuskannya untuk tetap bertahan.

Ten Hag juga dikabarkan tengah menjalin negosiasi untuk kontrak baru. Ia saat ini memiliki 12 bulan lagi dengan kontraknya saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *