• July 23, 2024
Luke Shaw

Cederanya Mengancam, Luke Shaw Akui Khawatir Gagal Tampil di Piala Eropa 2024

Luke Shaw, bek kiri tim nasional Inggris, menyatakan kekhawatirannya bahwa cedera yang dialaminya bisa menggagalkan partisipasinya di Piala Eropa 2024. Proses pemulihan cederanya sempat terhambat, membuatnya ragu bisa tampil maksimal. Meski begitu, nama Shaw tetap dimasukkan dalam skuad asuhan Gareth Southgate, meskipun ia terakhir bermain pada Februari lalu untuk Manchester United melawan Luton Town.

Shaw diharapkan bisa tampil pada laga terakhir babak grup, namun ia dinyatakan belum siap dan baru bisa bermain pada partai perempat final melawan Swiss. Kini, Shaw siap membantu Inggris pada partai semifinal melawan Belanda yang akan berlangsung pada Kamis (11/7) dini hari WIB.

Mengakui ketakutannya batal bermain di Jerman, Shaw mengatakan, “Ya, saya pikir begitu. Tentu saja saya khawatir.” Namun, hasil scan menunjukkan cedera yang dialaminya tidak terlalu parah. “Saya sudah menjalani scan dan tidak terlalu buruk, jadi saya tahu masih ada peluang untuk kembali. Itu hanya saat latihan, jadi saya sebenarnya melakukan peregangan berlebihan. Itu hanya minor,” tambahnya.

Shaw menjelaskan bahwa mereka sudah memiliki rencana pemulihan sebelum skuad diumumkan. “Rencananya adalah untuk kembali pada pertandingan kedua atau ketiga, namun sayangnya, hal-hal tidak berjalan sesuai rencana, dan saya diundur sekitar satu pertandingan,” jelasnya.

Dukungan dari tim medis dan pelatih juga sangat membantu Shaw. “Tentu saja, ini sulit. Mereka benar-benar ada untuk saya, bukan hanya Gareth dan Steve (Holland, asisten pelatih) tetapi juga staf medis. Saya harus berterima kasih banyak kepada mereka,” ungkapnya.

Menonton rekan setimnya berjuang keras dalam lima pertandingan di Piala Eropa kali ini bukanlah hal yang mudah bagi Shaw. “Saya merasa lebih gugup saat menonton daripada bermain, ini cukup sulit,” jelas Shaw. Namun, ia tetap percaya pada rekan setimnya untuk membawa Inggris melangkah jauh di turnamen.

Cederanya Shaw membuat Southgate harus memainkan Kieran Trippier, seorang bek kanan, di posisi bek kiri. Ini mengganggu keseimbangan skuad karena Southgate tidak membawa bek kiri lainnya. Shaw juga terkejut menjadi satu-satunya bek kiri murni di tim Inggris saat ini. “Itu sedikit mengejutkan saya,” ujar Shaw. “Tapi juga tidak terlalu mempertimbangkan betapa bagusnya Kieran Trippier di bek kiri. Saya melihatnya sebagai bek kiri.”

Shaw memberikan dukungan kepada Southgate yang menerima banyak kritik karena performa Inggris yang kurang memuaskan sepanjang turnamen. Shaw mengapresiasi kontribusi besar Southgate bagi tim nasional. “Saya tidak mengerti kritik kepadanya,” ucap Shaw. “Apa yang telah dia lakukan untuk negara dan kami para pemain, dia membawa kami ke level berikutnya. Tidak ada manajer yang sesukses dia akhir-akhir ini.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *