• June 16, 2024

Lima Bintang yang Gagal Berkarier di Chelsea

Sebagai salah satu klub tersukses di era Premier League, tentu saja Chelsea tidak kekurangan akan pemain-pemain bertalenta kelas dunia. 

Klub asal London Barat ini dihuni pemain-pemain bintang dan legendaris seperti Frank Lampard, Gianfranco Zola, Didier Drogba serta pemain-pemain masa kini laiknya Eden Hazard dan N’Golo Kanté.

Namun tidak sedikit juga dari pemain berbakat ini yang gagal melejitkan kariernya bersama the Blues. Klub yang bermarkas di Stamford Bridge ini juga terkenal dengan aksinya merekrut pemain-pemain muda dan dipinjamkan ke klub di dalam dan luar Inggris. 

Sayangnya banyak dari pemain ini sulit menemukan rumah di Chelsea, dan akhirnya terlupakan. Banyak di antaranya juga tumbuh menjadi pemain bintang di klub lain. Berikut beberapa di antaranya.

Kevin De Bruyne

Kevin De Bruyne didatangkan dengan status sebagai pemain muda berbakat. Namun ia hanya bermain dalam sembilan pertandingan pada musim 2013-14, sebelum hijrah ke Wolfsburg pada Januari 2014.

Penampilan impresifnya membuat ia diboyong Manchester City pada 2015 dan kini menjadi salah satu pemain terbaik di Premier League, serta pemain paling kreatif di Inggris.

Mohamed Salah

Pemain bintang lainnya yang gagal melejit bersama Chelsea, Mohamed Salah didatangkan ke Chelsea dari Basel. Namun ia hanya bermain dalam 19 laga, sebelum dipinjamkan ke Fiorentina dan dipermanenkan oleh Roma.

Baca juga: Dari Beckham Hingga Ronaldo, Lima Pemain dengan Gol Tendangan Bebas Terbanyak

Jurgen Klopp lalu membawa Salah ke Liverpool dan menjadi pemain paling berbahaya dan pemain sayap paling subur di Premier League, serta meraih gelar Premier League dan Champions League.

Romelu Lukaku

Romelu Lukaku dua kali mencoba peruntungannya di Chelsea. Namun dua kali itu juga gagal menemukan penampilan terbaiknya bersama the Blues.

Didatangkan Anderlecht sebagai pemain muda, ia menghabiskan awal kariernya sebagai pemain pinjaman bersama West Bromwich Albion, Everton lalu juga meminjam Lukaku, sebelum dipermanenkan pada 2014.

Setelah bermain untuk Manchester United dan Inter Milan, ia kembali bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2021 dengan harga nyaris mencapai 100 juta pound. 

Namun ia kembali gagal berkarier bersama Chelsea dan kembali ke Inter Milan sebagai pemain pinjaman, dan kini dipinjamkan ke Roma hingga akhir musim.

Ia kini masih menjadi milik Chelsea, yang dibelanya dalam 59 laga di semua kompetisi dan mencetak 15 gol.

Juan Cuadrado

Performa gemilang pada Piala Dunia 2014 membawa karier Juan Cuadrado ke Stamford Bridge dari Fiorentina. Namun ia hanya diberi kesempatan dalam 15 pertandingan, lalu dipinjamkan ke Juventus dan menjadi pemain paling konsisten bersama klub asal Turin.

Baca juga: Lima Pembalap Formula 1 Tersukses Sepanjang Masa

Di usianya yang sudah menginjak 35 tahun, ia pindah ke Inter Milan pada musim panas ini dan berada di puncak klasemen Serie A musim 2023-24.

Nathan Ake

Nathan Ake bergabung ke Chelsea di usia 15 tahun dan menjalani debut di usia 17 tahun. Setelah bermain dalam 17 pertandingan, ia dipinjamkan ke Reading, Watford, dan Bournemouth.

Sukses bersama Bournemouth, Ake membuat kejutan ketika direkrut Pep Guardiola ke Manchester pada 2020 seharga 41 juga pound. Ia lalu menjadi pemain kunci City untuk meraih tiga gelar liga, termasuk gelar treble pada musim lalu yang mengawinkan gelar Premier League, FA Cup, dan Champions League.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *