• May 29, 2024
Ankaragucu. (Foto: twitter.com/Ankaragucu

Liga Turki Dihentikan Pasca Presiden Klub Ankaragucu Pukul Wasit Sampai KO

Seluruh pertandingan sepak bola Turki dihentikan untuk sementara waktu oleh Asosiasi Sepak Bola Turki (TFF), usai kerusuhan yang terjadi di pertandingan Liga Super Turki atau Super Lig pada Senin (11/12) malam waktu setempat.

Insiden ini terjadi saat presiden klub Ankaragucu, Faruk Koca, menyerbu wasit Halil Umut Meler usai laga kontra Rizespor.

Ankaragucu yang unggul lebih dulu pada menit ke-14, kebobolan pada menit ke-97 dan pertandingan berakhir dengan skor 1-1. Hasil ini membuat Rizespor unggul empat angka di papan klasemen sementara.

Baca juga: Atlet Wanita Terkaya Sepanjang 2023

Para fans Ankaragucu di tribun juga turun ke lapangan dan menendang Meler saat sudah terjatuh dan pelaku masih belum diketahui.

Meler pun akhirnya bisa melarikan diri ke ruang ganti dengan bantuan kepolisian setempat.

Usai laga tersebut, TFF mengeluarkan pernyataan dan mengutuk serangan kepada wasit yang disebut sebagai tindakan yang tidak manusiawi.

“Kami memantau kondisi kesehatan Halil Umut Meler dengan cermat dan mendoakan wasit kami yang berharga ini segera pulih,” tulis TFF.

“Serangan yang tidak manusiawi dan tercela ini dilakukan terhadap seluruh pemangku kepentingan Sepak Bola Turki. Setiap orang yang menargetkan wasit dan mendorong kejahatan terhadap wasit terlibat dalam kejahatan tercela ini.”

“Pernyataan tidak bertanggung jawab dari presiden klub, manajer, pelatih dan komentator TV yang menargetkan wasit telah membuka jalan bagi serangan keji hari ini.”

Baca juga: MotoGP Musim 2023 Raih Rekor Unik

“Dalam koordinasi dengan negara kita, semua proses pidana telah dimulai terhadap mereka yang bertanggung jawab dan penghasut serangan tidak manusiawi ini.”

“Klub yang bertanggung jawab, Presiden klub, manajernya, dan semua penjahat yang menyerang Halil Umut Meler akan dihukum seberat-beratnya.”

“Berdasarkan keputusan Dewan Direksi Federasi Sepak Bola Turki, pertandingan di semua liga ditunda tanpa batas waktu.”

Insiden ini juga memancing Presiden Turki, Recep Erdogan, yang juga mengutuk insiden ini.

“Saya mengutuk serangan terhadap wasit Halil Umut Meler setelah pertandingan MKE Ankaragucu-Çaykur Rizespor yang dimainkan malam ini, dan saya berharap dia cepat pulih,” kata Erdogan.

“Olahraga berarti perdamaian dan persaudaraan. Olahraga tidak sejalan dengan kekerasan. Kami tidak akan pernah membiarkan kekerasan terjadi dalam olahraga Turki.”

Meler merupakan wasit FIFA sejak 2017 lalu. Wasit berusia 37 tahun ini pernah memimpin partai Champions League antara Lazio melawan Celtic pada 28 November lalu.

Wasit di Turki memang kerap menjadi target kritikan oleh pelatih klub dan presidennya atas keputusan di lapangan.

Ankaragucu saat ini berada di posisi 11 dengan 18 poin dari 15 laga. Sementara Rizespor berada tiga tingkat di atasnya dengan 22 poin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *