• June 21, 2024
Akram Afif. (Foto: twitter.com/QFA)

Piala Asia: Qatar Lolos ke Fase Gugur Usai Kalahkan Tajikistan, China Imbang Lawan Lebanon

Tuan rumah dan juara bertahan Qatar kembali meraih hasil penuh usai menang tipis 1-0 atas Tajikistan pada partai kedua Grup A Piala Asia 2023, Rabu (17/1) malam WIB.

Pemain depan Qatar, Akram Afif, kembali menjadi pahlawan Qatar dengan gol tunggalnya pada menit ke-17.

Sebelumnya ia juga menjadi kunci dari serangan tim asuhan Tintín Márquez ini yang mencetak dua gol saat menang 3-0 atas Lebanon.

Tajikistan sejatinya mendominasi permainan di awal laga. Namun Qatar yang berhasil membuka skor ketika Almoez Ali memenangkan duel di tengah lapangan, sebelum memberikan asis untuk Afif yang menjebol gawang Rustam Yatimov.

Pemain berusia 27 tahun ini membuat beberapa peluang untuk rekan setimnya di Al Bayt Stadium. Namun tidak satu pun yang berhasil dimaksimalkan dan berbuah gol.

Qatar lalu protes soal penalti ketika Ali terlihat dijatuhkan di kotak terlarang. Namun wasit tidak memberikan penalti setelah ditinjau ulang oleh VAR.

Baca juga: 10 Legenda Sepak Bola yang Pensiun di Tahun 2023

Ali lalu nyaris menggandakan kedudukan sebelum turun minum ketika Rustam Yatimov gagal mengamankan bola tembakan dari Afif. Namun Zoir Dzhuraboyev membuat blok krusial di garis gawang.

Tajikistan yang menjalani debutnya di turnamen ini, memiliki beberapa peluang. Namun kurangnya kualitas di sentuhan akhir membuat kiper Qatar tidak banyak bekerja keras.

Hasil ini membuat Qatar memimpin klasemen Grup A dengan enam poin dari dua laga. Sementara Tajikistan berada di posisi kedua dengan satu angka.

Pada laga lainnya di Grup A, Lebanon bermain imbang melawan China dengan skor 0-0. China saat ini berada di posisi kedua dengan dua poin, adapun Lebanon berada di posisi juru kunci.

Hasil Piala Asia 2023

Lebanon 0-0 China: –

Tajikistan 0-1 Qatar: Akram Afif (17′)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *