• June 19, 2024
Cesc Fabregas. (Foto: twitter.com/premierleague)

10 Legenda Sepak Bola yang Pensiun di Tahun 2023

Sepak bola atau atlet secara keseluruhan memang memiliki karier yang singkat. Umur 30 sudah dianggap sebagai penghujung karier, namun tidak banyak juga yang terus berkarier hingga mencapai umur 40 tahun.

Sepak bola sendiri memiliki banyak cerita pada tahun 2023 ini. Dari Lionel Messi yang hijrah ke Amerika Serikat, hingga Manchester City yang meraih gelar treble. 

Baca juga: Manuel Locatelli: Juventus Mimpikan Raih Scudetto

Saat para fans harus berpisah dengan tahun 2023, kita juga harus mengucapkan salam perpisahan kepada beberapa legenda sepak bola yang menggantung sepatu pada tahun ini.

Berikut beberapa legenda sepak bola yang pensiun pada 2023, seperti yang dilansir dari 433:

Zlatan Ibrahimovic (41)

Seorang enigma, Zlatan Ibrahimovic dikenal bukan hanya keahliannya di dalam lapangan, melainkan soal kepribadiannya di luar lapangan. Ia berhasil mencetak 558 gol di level klub dan internasional. Bisa dibilang striker jangkung ini menjadi salah satu yang terbaik di generasinya.

Gareth Bale (34)

Setelah sukses bersama Tottenham Hotspur, ia melanjutkan kariernya ke Real Madrid. Namun kariernya di klub raksasa Spanyol tersebut tidak sepenuhnya manis, meski lemarinya dipenuhi berbagai trofi dan medali. Ia sempat kembali ke Spurs sebagai pemain pinjaman, lalu berkarier di Amerika Serikat, sebelum memutuskan untuk pensiun

Gianluigi Buffon (45)

Waktu Gianluigi Buffon akhirnya tiba juga. Salah satu kiper terbaik sepanjang masa asal Italia ini akhirnya memutuskan untuk pensiun di usia 45 tahun, setelah menghabiskan 28 tahun kariernya sebagai pemain. Ia menjadi tembok kokoh di bawah mistar Juventus dan tim nasional Italia, yang puncaknya berhasil meraih gelar Piala Dunia pada 2006.

Cesc Fabregas (36) 

Salah satu gelandang paling kreatif, yang memiliki segudang asis di mana pun ia bermain, Cesc Fabregas memutuskan pensiun di usia 36 tahun, dengan klub divisi kedua Italia Como menjadi persinggahan terakhirnya. Selain memiliki gelar Piala Dunia dan Piala Eropa bersama Spanyol, ia juga sukses di level klub saat membela Arsenal, Barcelona, dan Chelsea.

David Silva (36)

David Silva bisa disebut legenda Premier League, serta salah satu pemain terbaik Manchester City. Ia menjadi sosok vital di lini serang Manchester City yang berhasil mendominasi Inggris dengan meraih empat gelar Premier League, dua FA Cup, dan lima EFL Cup.

Mesut Ozil (34)

Mesut Ozil menjadi pemain kreatif pemenang Piala Dunia selain Fabregas dan Silva yang pensiun pada 2023. Ia mengawali kariernya di Jerman Schalke dan Werder Bremen, sebelum bergabung dengan Real Madrid pada 2010. Setelah memenangkan gelar La Liga, ia pindah ke Arsenal dan menjadi idola di klub London Utara dengan memenangkan empat gelar FA Cup. Namun akhir kariernya berjalan pahit, yang memaksanya pindah ke beberapa klub Turki, sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun.

Baca juga: Pencetak Asis Terbanyak di Premier League

Giorgio Chiellini (39)

Selain Buffon, Chiellini juga menjadi pemain kunci bagi kesuksesan Juventus, yang meraih sembilan gelar Serie A beruntun dari 2012 hingga 2020, ditambah lima Coppa Italia, serta lima Supercoppa Italiana. Ia juga dua kali berhasil mencapai final Champions League pada 2015 dan 2017. Pada level internasional, ia juga pilar penting saat Italia meraih gelar Piala Eropa 2020.

Eden Hazard (32)

Eden Hazard memutuskan pensiun pada Oktober 2023 lalu, tiga bulan setelah memutuskan untuk meninggalkan Real Madrid di umur 32 tahun. Akhir kariernya di Madrid memang tidak berjalan mulus karena banyak menderita cedera, namun ia menjadi pemain terbaik di Premier League saat merumput bersama Chelsea.

Theo Walcott (34) 

Theo Walcott digadang-gadangkan menjadi pemain kelas dunia saat membela Arsenal. Namun kariernya tidak mencapai puncak yang diharapkan. Setelah cedera menghambat sebagian besar kariernya, pemain yang terkenal dengan kecepatan larinya ini lalu memutuskan pensiun pada Agustus lalu.

Joaquin (42)

Legenda Real Betis dan sepak bola Spanyol, Joaquin memutuskan pensiun pada umur 42 tahun, setelah tampil dalam 848 pertandingan untuk Betis, Valencia, Fiorentina, dan Malaga, dengan mencetak 112 gol dan 103 asis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *