• June 19, 2024

Jurgen Klopp Pastikan Akan Libur Panjang Usai Tinggalkan Liverpool

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp memastikan dirinya akan menjalani libur panjang usai meninggalkan the Reds pada akhir musim.

Pria asal Jerman berusia 56 tahun tersebut akan menjalani partai terakhirnya bersama the Reds saat menjamu Wolverhampton Wanderers pada pekan pamungkas Premier League di Anfield.

Klopp tiba di klub asal Merseyside tersebut pada 2015 lalu. Sejak itu ia berhasil membawa the Reds meraih gelar juara Premier League, Champions League, FA Cup, dan EFL Cup. Partai terakhirnya melawan Wolves akan menjadi partai ke-491 bersama the Reds.

Kariernya bersama Liverpool diwarnai dengan pertarungan besar di liga bersama Manchester City yang ditukangi oleh Pep Guardiola. Namun the Reds hanya mampu meraih satu gelar liga, dibanding dengan City yang berpotensi meraih gelar keenam dalam tujuh musim terakhir.

Sebelum itu ia juga menjalani persaingan panas saat melatih Borussia Dortmund, yang menjalani rivalitas panas melawan Bayern Munich. Hasilnya Klopp berhasil dua kali juara Bundesliga, dan satu kali menjadi runner-up Champions League.

“Ini adalah minggu paling intens dalam hidup saya. Kami sudah mengalami momen-momen hebat,” kata Klopp, dilansir dari Sky Sports.

“Kami tidak harus berpura-pura ini adalah minggu yang normal karena sebenarnya tidak. Saya orang yang sangat pragmatis. Ini adalah pertandingan terakhir musim ini dan setelahnya, ini adalah hari libur.”

“Kemarin, para pemain mengucapkan selamat tinggal. Kami mengadakan barbekyu di sini. Banyak sekali. Tentu saja saya memiliki momen-momen emosional. Saya tidak tahu berapa banyak kaos yang saya tandatangani! Itu semua adalah bagian dari hal itu.”

“Mengucapkan selamat tinggal tidak pernah menyenangkan, tapi mengucapkan selamat tinggal tanpa merasa sedih atau terluka, itu berarti waktunya tidak tepat. Waktunya sangat bagus. Itu akan sulit.”

Baca juga:

Joan Mir: “Saya Butuh Waktu untuk Menentukan Masa Depan Karier Saya”
Marc Marquez Mengungguli Francesco Bagnaia dalam Pertarungan Mental di GP Prancis
Son Heung-Min: “Kami Harus Mendukung Visi Pelatih Baru”
Southgate: ‘Jude Bellingham Berambisi Menyamai Kroos dan Modric di Real Madrid’

Berbicara dengan Liverpool Echo, Klopp menambahkan, “Sudah pasti masa saya di Inggris sudah berakhir karena saya tidak akan melatih tim lain di sini. Jika saya melatih lagi maka itu tidak akan terjadi lagi. Tidak akan terjadi hal seperti itu. Itu berarti bagian yang sangat besar dalam hidup saya sudah pasti berakhir. “

Bisa dibilang sejak pertama kali terjun ke dunia kepelatihan pada 2001 bersama Mainz, Klopp tidak menjalani libur panjang. Ia memastikan dirinya akan menjalani rehat setelah meninggalkan Liverpool.

“Ini sangat sulit. Di Mainz ketika pertandingan terakhir tiba, saya berkata jika kami mendapatkan promosi, saya akan bertahan,” tutur Klopp. “Tapi tim lain menang jadi kami tidak mendapatkan promosi.”

“Dortmund, pertandingan terakhir di kandang, kami mengadakan final piala minggu depan jadi kami berlatih keesokan harinya. Sekarang semuanya sangat berbeda. Sudah jelas sebelum pertandingan ‘itu saja’.”

“Ya, ini akan menjadi libur yang panjang, 100%. Mungkin saja.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *