• June 19, 2024

Lima Pesepak Bola yang Bangkit Pasca Cedera ACL

Cedera merupakan salah satu sisi negatif sebagai pemain pesepak bola. Cedera pada Anterior Cruciate Ligament (ACL) di lutut merupakan salah satu mimpi buruk seorang pemain sepak bola.

Pemulihan dari cedera ini membutuhkan waktu panjang hingga berbulan-bulan. Belum lagi waktu yang dibutuhkan untuk menemukan performa terbaik dari seorang pemain.

Berikut lima pemain yang berhasil bangkit setelah mengalami cedera ACL

Radamel Falcao

Radamel Falcao mengalami nasib buruk karena menderita tiga cedera pada lututnya. Penyerang asal Kolombia ini berhasil bangkit setelah mengalami cedera saat membela River Plate pada November 2005. Ia lalu kembali cedera beberapa bulan kemudian.

Performa gemilang tersebut membawanya ke Eropa dengan bergabung bersama Porto dan Atletico Madrid. Ia lalu kembali cedera dan menghambat kariernya saat membela Monaco, dan menjadi pemain pinjaman di Manchester United dan Chelsea.

Alan Shearer

Penyerang legendaris Inggris Alan Shearer juga tidak asing dengan cedera ACL, yang dideritanya saat musim debut bersama Blackburn Rovers.

Namun sejak itu ia berhasil menjadi legenda Premier League dengan rekor 260 gol terbanyak di liga teratas Inggris tersebut.

Baca Juga: Gabriel Martinelli Minta Traktir Bukayo Saka Usai Beri Asis Lawan Sevilla

Alessandro Del Piero

Penyerang lainnya yang menderita cedera pada lututnya. Karier Alessandro Del Piero terhambat saat mengalami cedera pada 1998 lalu. Meski tidak bisa mengandalkan kecepatannya usai cedera, ia mampu menorehkan berbagai gelar untuk Juventus, serta meraih gelar Piala Dunia 2006 bersama Italia.

Xavi

Legenda Barcelona Xavi telah mencatatkan 767 penampilan bersama Blaugrana, yang sempat menjadi rekor terbanyak sebelum dipecahkan oleh Lionel Messi. Namun siapa sangka ia pernah menderita cedera ACL pada 2006 lalu.

Xavi harus absen selama beberapa bulan pada musim 2005/06. Namun ia kembali masuk ke dalam skuad saat Barcelona berhasil memenangkan Champions League 2006 dengan mengalahkan Arsenal.

Robert Pires

Salah satu legenda dan skuad Arsenal yang memenangkan gelar Premier League musim 2003-04 dengan tidak terkalahkan, Robert Pires menderita cedera parah pada Maret 2002.

Padahal pada musim 2001-02 tersebut Pires tampil gemilang di mana ia meraih gelar liga pertamanya bersama the Gunners. Ia tampil gemilang meski tim tersebut dihuni oleh Thierry Henry, Dennis Bergkamp, dan Patrick Vieira. Pada akhir musim ia mencetak asis terbanyak, serta dinobatkan sebagai FWA Footballer of the Year.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *