• June 20, 2024

Toni Kroos Pensiun Usai Euro 2024, Tinggalkan Real Madrid dan Timnas Jerman

Toni Kroos, sosok sentral di lini tengah Real Madrid, telah mengumumkan pensiun setelah Piala Eropa 2024. Pemain berusia 34 tahun itu mengonfirmasi bahwa final Champions League melawan Borussia Dortmund akan menjadi pertandingan terakhirnya untuk klub.

Dalam pengumumannya di Instagram, Kroos mengenang kedatangannya di Real Madrid pada tahun 2014, menyebutnya sebagai momen yang mengubah hidup.

“Karier saya sebagai pesepakbola aktif akan berakhir musim panas ini setelah Piala Eropa. Seperti yang selalu saya katakan: Real Madrid adalah dan akan menjadi klub terakhir saya,” katanya.

“17 Juli 2014 – hari saya diperkenalkan sebagai pemain Real Madrid, hari yang mengubah hidup saya. Hidup saya sebagai pesepakbola – terutama sebagai pribadi.

“Itu adalah awal dari babak baru di klub terbesar di dunia. Setelah 10 tahun, di akhir musim babak ini berakhir. Saya tidak akan pernah melupakan dekade yang menarik dan sukses ini!”

Baca juga:

Thibaut Courtois dari Real Madrid: ‘Kondisiku dalam Keadaan Sangat Baik’
Kembalinya Lisandro Martinez: Erik Ten Hag Ungkap Kesiapan Manchester United
Dominasi Man City di White Hart Lane: Spurs Terhenti, Arsenal Berharap
Paris Saint-Germain Berburu Pengganti Mbappe di Napoli

Selama satu dekade, Kroos telah meraih lebih dari 20 trofi bersama Madrid, termasuk empat Champions League, menjadikannya salah satu pemain klub yang paling sukses. 

Ia juga memenangkan Piala Dunia bersama Jerman pada tahun 2014 dan gelar Champions League bersama Bayern Munich pada tahun 2013. Awal tahun ini, Kroos kembali dari masa pensiun ke timnas Jerman untuk mengikuti Kejuaraan Eropa.

Real Madrid memuji Kroos atas kontribusinya, dengan menyatakan, “Real Madrid ingin menyampaikan rasa terima kasih dan kasih sayang mereka kepada Toni Kroos, seorang pemain yang telah menjadi bagian dari sejarah Real Madrid dan merupakan salah satu legenda besar klub kami dan sepakbola dunia.”

“Toni Kroos akan selamanya berada di hati seluruh madridistas atas keunggulan sepak bolanya dan sebagai pemain yang telah memberikan segalanya untuk seragam ini, selalu mewakili nilai-nilai Real Madrid.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *