• June 21, 2024

Xabi Alonso Ungkap Prinsip Bermain Bayer Leverkusen Musim Ini

Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso, membeberkan rahasia di balik performa impresif timnya musim ini. Berhasil membawa Leverkusen meraih gelar Bundesliga pertama mereka, Alonso menekankan pentingnya fokus pada hal-hal mendasar dalam sepak bola, seperti umpan-umpan yang baik dan pertahanan yang solid.

“Saya suka memainkan sepak bola yang bagus,” kata Alonso.

“Hiburlah dengan sepak bola yang bagus. Bukan dengan sepak bola yang mencolok, tapi dengan hal-hal sepak bola yang bagus. Apa yang saya pahami tentang sepak bola yang bagus adalah melakukan umpan-umpan bagus, berlari, melakukan pertahanan dengan baik.”

“Setelah itu, setelah Anda menjadikan hal-hal itu sebagai prinsip, Anda akan melihat hal-hal yang mencolok. Namun kami tidak mengerjakan hal-hal yang mencolok atau spektakuler. Kami mengerjakan hal-hal mendasar dan klasik yang baik.”

“Situasi satu lawan satu di mana Anda tidak melatih hal-hal itu… umpan terakhir yang bagus ke Patrik [Schick] atau Jeremie [Frimpong]. Itulah bakatnya. Bakat itu sulit untuk dikembangkan. Entah Anda memilikinya atau tidak memilikinya.”

“Untuk menonjolkan bakat itu, Anda dapat mengerjakan banyak hal. Begitu banyak dari hal-hal spektakuler itu, saya tidak menghargainya.”

Baca juga:

“Dejan Kulusevski: ‘Kami Harus Bangga dengan Kemajuan yang Telah Dicapai’”
Rencana Manchester United untuk Mendatangkan Victor Osimhen dari Napoli
Tantangan Arne Slot di Liverpool: Perspektif Alisson Becker
Jurrien Timber: Arsenal Siap Menyongsong Masa Depan dengan Keyakinan

Pendekatan ini terbukti efektif, membawa Leverkusen tidak terkalahkan di liga dan berpeluang besar meraih gelar DFB-Pokal dan Europa League.

Kesuksesan Leverkusen di bawah asuhan Alonso juga berkat kontribusi pemain berbakat seperti Patrik Schick dan Jeremie Frimpong. “Bakat itu sulit untuk dikembangkan. Entah Anda memilikinya atau tidak,” jelas Alonso. Keberhasilan ini membuatnya menjadi salah satu pelatih paling dicari di Eropa, dengan rumor yang mengaitkannya ke Real Madrid dan Liverpool.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *