• June 19, 2024
Unai Emery

Bawa Aston Villa ke Champions League, Unai Emery Dapat Kontrak Baru Lima Tahun

Aston Villa telah resmi memberikan kontrak baru untuk pelatihnya Unai Emery, usai membawa tim Premier League tersebut ke Champions League musim depan. Dengan kontrak berdurasi lima tahun, pelatih asal Spanyol ini akan bertahan di Villa Park hingga 2029 mendatang.

Pelatih berusia 52 tahun tersebut melanjutkan kesuksesannya sejak tiba pada November 2022 lalu dengan meloloskan timnya ke Europa Conference League pada musim pertamanya. Peningkatan pesat pada musim ini terjadi dengan Villa yang sempat duduk di posisi kedua di klasemen sementara saat tahun baru.

Namun Manchester City dan Arsenal berhasil menyalip, dengan City yang akhirnya memastikan menjadi juara pada pekan terakhir. Sementara itu Villa berakhir di posisi keempat dengan raihan 68 poin.

Dengan menempati posisi keempat, Villa dipastikan akan lolos ke kompetisi paling elit Eropa untuk pertama kalinya di era Champions League. Meski sebelumnya pernah menjadi juara pada 1982 di era European Cup.

“Saya sangat senang mengambil langkah ini dan tanggung jawab memimpin klub ini,” kata Emery, dikutip dari situs resmi Villa.

“Sejak saya datang ke Villa bersama Wes [Edens] dan Nassef [Sawiris], kami selalu menemukan lingkungan dan struktur terbaik untuk mengembangkan proyek dengan ambisi tertinggi.”

“Seluruh struktur sepakbola dengan Monchi dan Damian  [Vidagany] serta pemilik, kami berbagi visi dan tujuan yang sama.”

“Ada hubungan yang hebat di Aston Villa. Dan unsur dukungan suporter juga menjadi pembeda rasa seperti di rumah sendiri. Kami sangat bersemangat untuk melanjutkan perjalanan tanpa batas menuju impian kami.”

Baca juga:

Marquez : ‘Untuk Gelar, Saya Harus di Level Martin dan Pecco’
Mohamed Salah Kenang Kebersamaan dengan Jurgen Klopp
Sergi Roberto Tegaskan Dukungan Penuh untuk Xavi di Barcelona
Optimisme Sarri untuk Giuntoli dalam Membangun Juventus yang Kuat

Ketua Villa, Nassef Sawiris, menambahkan, “Kami sedang membangun sesuatu yang istimewa di sini di Aston Villa dengan Unai sebagai intinya dan kami senang dia telah menandatangani kontrak baru dengan klub hingga tahun 2029.”

“Saat kita memasuki tahun bersejarah kami yang ke-150, ada banyak hal yang dapat dinantikan dengan Unai sebagai pemimpinnya.”

Emery yang sebelumnya pernah melatih Sevilla, Arsenal, dan Paris Saint-Germain, mengambil alih Villa dua musim lalu yang saat itu berada di posisi ke-17. Sejak itu ia memastikan Villa duduk di posisi ketujuh pada akhir musim dan berhak tampil di kompetisi Eropa.

Villa pun akhirnya tampil gemilang di Europa Conference League, dengan mencapai semifinal di kompetisi Eropa untuk pertama kalinya dalam 13 tahun. Namun perjalanan mereka dihentikan oleh klub Yunani Olympiakos dengan kekalahan agregat 2-6.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *