• June 21, 2024
Enzo Maresca

Enzo Maresca Siap Teken Kontrak Lima Tahun Bersama Chelsea

Enzo Maresca dikabarkan telah sepakat dengan kontrak berdurasi lima tahun bersama Chelsea sebagai pelatih baru mereka. Pelatih asal Italia berusia 44 tahun tersebut akan menggantikan Mauricio Pochettino, yang sepakat angkat kaki dari Stamford Bridge meski berhasil lolos ke zona Eropa di Premier League.

Menurut Sky Sports, soal kontrak Maresca tersebut sudah ditangani oleh para pengacara dan pengumuman akan dilakukan beberapa hari ke depan. Panjangnya kontrak ini mencerminkan fokus para petinggi Chelsea dengan proyek jangka panjang dan mengesampingkan soal rumor kepindahan sang pelatih.

Maresca sendiri terakhir melatih Leicester City dan berhasil membawa the Foxes promosi ke Premier League dengan menjuarai divisi Championship yang berada di kasta kedua liga Inggris.

Baca juga:

Dua direktur olahraga Chelsea, Paul Winstanley dan Laurence Stewart, telah tiba di Marbella untuk berdiskusi langsung dengan Maresca setelah Leicester mengizinkan negosiasi dilakukan. Klausul pelepasan Maresca dikabarkan seharga 8 hingga 10 juta pound.

Dalam diskusi tersebut, Chelsea terkesan dengan dalam dan luasnya pengetahuan Maresca akan skuad Chelsea, serta fokus yang ditunjukan pada cara permainannya dan tekadnya untuk mendapatkan jabatan pelatih the Blues.

Sebagai mantan asisten Pep Guardiola di Manchester City, Maresca memiliki obsesi yang sama dengan penguasaan bola dan permainan posisi, yang membuatnya kandidat utama.

Baca juga:

 

Maresca sendiri baru sekali menjadi pelatih di tim senior selama satu musim penuh. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan bagi para petinggi Chelsea, yang yakin jabatan pelatih merupakan bagian terakhir untuk mewujudkan struktur klub yang optimal. 

Ia sebelumnya melatih Parma pada 2021, namun hanya bertahan selama 14 pertandingan sebelum dipecat. Ia lalu kembali ke Manchester City untuk menangangi perkembangan skuad, lalu menjadi asisten Guardiola.

Chelsea juga mempertimbangkan kandidat lain termasuk Kieran McKenna, yang telah menandatangani kontrak baru di Ipswich, dan Thomas Frank dari Brentford. Sebagai pemain, Maresca pernah bermain di Inggris bersama West Brom dan kemudian beberapa klub lainnya seperti Juventus dan Sevilla.

Klub asal London tersebut juga diperkirakan akan sibuk pada bursa transfer musim panas untuk mendatangkan seorang striker, bek tengah, dan bek kiri. Kiper Burnley James Trafford dikabarkan menjadi pilihan utama. Sementara Kepa Arrizabalaga dan Romelu Lukaku diragukan masa depannya bersama klub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *