• June 20, 2024
Mikel Arteta

Mikel Arteta Sesumbar, Sebut Arsenal Makin Dekat Raih Gelar Premier League

Pelatih Arsenal Mikel Arteta menyebut timnya semakin dekat untuk meraih gelar juara Premier League. Ia juga mengatakan dirinya tidak menyesal gagal merebut gelar juara liga dari Manchester City pada musim lalu.

The Gunners memaksa skuad asuhan Pep Guardiola tersebut memastikan gelar liga pada pekan terakhir Premier League. Meski Arsenal menang 2-1 melawan Everton, City berhasil kembali menjadi juara untuk empat kali beruntun usai menang 3-1 atas West Ham United di Etihad Stadium.

Arsenal pun harus puas berada di posisi kedua dengan meraih 89 poin, selisih dua poin dari sang juara, dan terus menjalani puasa gelar sejak 2004 lalu. Namun hal tersebut tidak menurunkan semangat pelatih asal Spanyol ini untuk terus mengejar gelar prestisius tersebut.

Dalam wawancara bersama CNN, ketika ditanya apakah dirinya menyesal gagal meraih gelar tersebut, Arteta mengatakan, “Tidak ada penyesalan.”

“Anda melihat momen-momen di musim ini, tapi musim ini hampir sempurna. Untuk menambah jumlah poin yang kami peroleh – baik kami maupun City – di liga kompetitif ini. Kita tidak bisa membandingkan liga ini dengan apa yang terjadi dua tahun lalu, tiga tahun lalu, lima tahun lalu.”

“Angka-angka itu… tidak akan terjadi. Level liga – sekarang berada pada tahap yang berbeda.”

“Sekarang [waktunya] untuk memulihkan tenaga, mencoba menjadi lebih kuat, melihat di mana marginnya dan melangkah lagi musim depan.”

Baca juga:

Arsenal tidak pernah meraih gelar juara liga sejak era Arsene Wenger di mana klub asal London Utara tersebut menjadi juara pada 2003-04 dengan tidak terkalahkan dalam satu musim. Arteta sendiri yakin timnya kini semakin dekat untuk memangkas jarak dengan City, yang meraih enam gelar liga dalam tujuh tahun terakhir.

“Kita harus memperbaikinya. Kami lebih dekat. Saat Anda melihat semua metrik, kami ada di sana. Kami telah menjadi tim terbaik di liga dalam hampir semua metrik,” tambah Arteta.

“Tetapi ada margin di sana yang entah bagaimana kami tidak mengontrolnya dengan cukup baik dan liga pun berakhir dan itulah levelnya.”

“Ini sangat menantang namun sangat menginspirasi untuk memiliki tim dengan kualitas dan konsistensi selama tujuh, sembilan tahun terakhir, untuk mencoba menjadi lebih baik dari mereka. Dan fokus kami adalah bagaimana kami dapat berkembang.”

Setelah musim berakhir, klub kini memasuki bursa transfer musim panas. Namun Arteta memastikan timnya tidak akan menghamburkan uang untuk mendatangkan pemain seperti musim lalu. Pada musim panas 2023, Arsenal mengeluarkan dana sebesar 105 juta pound untuk mendatangkan Declan Havertz dari West Ham, serta 65 juta guna mendatangkan Kai Havertz dari Chelsea, dan Jurrien Timber dari Ajax sebesar 38 juta.

Baca juga:

“Melihatnya lagi. Semua margin, dari segi skuad, proses yang kami miliki di klub sepak bola, metodologi kami, terutama tentang bagaimana kami dapat membuat pemain kami lebih baik, lebih kompetitif, lebih konsisten dan membuat mereka naik level dan menjadi lebih baik dari musim sebelumnya,” jelas Arteta.

“Saya pikir fokus kami harus pada apa yang sudah kami miliki. ‘Bagaimana kita bisa menjadi lebih baik?’ Ada margin dan ada pemain yang masih bisa berkembang dan menjadi lebih baik dan itulah tujuan yang kami miliki.”

“Setiap keputusan yang akan kami ambil adalah menjadi lebih baik, tanpa kehilangan siapa kami dan segala sesuatu yang membawa kami pada posisi sekarang sebagai klub sepak bola, sebagai sebuah tim.”

“Ambisinya ada di sana. Para pemain, staf. Anda bisa merasakannya. Mereka menginginkan lebih banyak lagi. Mereka ingin mulai mengangkat trofi dan itulah langkah selanjutnya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *