• June 19, 2024
Jack Grealish

Tanpa Maguire dan Grealish, Inggris Umumkan Skuad Piala Eropa 2024

Pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate telah mengumumkan skuadnya yang akan dibawa ke Piala Eropa 2024 mendatang. Nama-nama tenar seperti Jack Grealish, James Maddison, dan Harry Maguire, gagal terbang ke turnamen yang akan berlangsung di Jerman.

Southgate sebelumnya telah memanggil 33 pemain ke dalam skuadnya yang berlaga pada dua partai pemanasan sebelum Piala Eropa. Pada partai pertama, the Three Lions berhasil menang 3-0 atas Bosnia & Herzegovina lewat gol Cole Palmer, Trent Alexander-Arnold, dan Harry Kane.

“Saya bersemangat,” kata Southgate kepada wartawan. “Malam sebelumnya (kemenangan 3-0 atas Bosnia & Herzegovina), kami memiliki banyak pemain penyerang berpengalaman yang tidak masuk dalam starting line-up. Dan kami masih memiliki banyak gol di tim.”

“Dalam hal menyerang, itu sangat krusial. Profil lini tengah kami, cara kami menggerakkan bola ke depan lebih cepat, melihat umpan-umpan ke depan, itulah yang membuat saya bersemangat menonton latihan,” tambahnya.

Baca juga:

Kiper Burnley James Trafford, bek Everton Jarrad Branthwaite dan bek Liverpool Jarell Quansah juga ditendang dari skuad pada seleksi akhir.

Maddison dan gelandang Liverpool Curtis Jones dikabarkan menjadi dua pemain pertama yang meninggalkan kamp timnas. Maddison yang kini bermain di Tottenham mengungkapkan kekecewaannya usai kabar tersebut. Sebelumnya ia bermain selama 30 menit terakhir pada laga kontra Bosnia.

Pemain 27 tahun tersebut harus menunggu lagi guna bermain di kompetisi internasional. Sebelumnya ia masuk ke dalam skuad di Piala Dunia 2022 lalu di Qatar, namun ia tidak dimainkan sebelum Inggris tersingkir di perempat final.

Ia berhasil mencetak tiga gol dan lima asis pada sembilan laga pertama di Premier League musim lalu. Namun setelah cedera, ia gagal menunjukkan performa terbaik hingga akhir musim.

Adapun Grealish sulit mendapatkan waktu bermain bersama Manchester City di bawah asuhan Pep Guardiola pada musim ini. Ia tidak bermain pada empat laga terakhir musim lalu.

Kendati demikian, Inggris tidak kekurangan kualitas di lini depan, selain kapten, Kane, the Three Lions juga memiliki pemain Arsenal, Bukayo Saka, pemain terbaik Premier League musim 2023-24, Phil Foden, serta pemain yang baru bergabung ke timnas seperti Palmer dan Eberechi Eze yang tampil apik sepanjang musim.

“Semua pemain menanggapi berita ini dengan sangat hormat. Tentu saja, semua pemain akan berpikir mereka seharusnya masuk dan itulah mengapa mereka adalah pemain top,” kata Southgate.

“Faktanya adalah kami memiliki beberapa pemain yang bermain sangat baik di liga sepanjang musim.”

Baca juga:

Sementara itu, Maguire memiliki masalah kebugaran saat di pusat latihan timnas karena cedera betis dan juga absen pada beberapa laga terakhir bersama Manchester United. Maguire yang memiliki 63 caps dan menjadi andalan Southgate di turnamen sebelumnya, juga kecewa dengan keputusan ini.

“Keputusan mengenai Harry sepenuhnya tergantung pada kondisi fisiknya dan pemulihannya dari cedera,” kata Southgate.

“Tidak ada alasan lain karena dia adalah salah satu bek tengah terkuat kami.”

“Anda mencoba menyeimbangkan pengalaman di mana kami memiliki 11 pemain yang telah mengikuti tiga turnamen atau lebih dengan pemain muda yang bermain sangat baik sehingga kami tidak bisa mengabaikan apa yang mereka lakukan.”

Crystal Palace menjadi tim Premier League yang mengirimkan pemain terbanyak ke timnas Inggris. Selain Eze, Dean Henderson dan Marc Guehi juga termasuk ke dalam skuad. Lalu masuknya gelandang muda Adam Wharton ke skuad menjadi kejutan, berkat performa gemilang pada akhir musim.

Pemain depan West Ham United, Jarrod Bowen, mempertahankan tempatnya di skuad. Begitu juga dengan pemain sayap Newcastle United, Anthony Gordon.

Selain Kane, Southgate mengangkut dua penyerang lainnya, Ivan Toney dan Ollie Watkins. Salah satu dari dua pemain tersebut sempat diperkirakan akan angkat kaki dari skuad, namun Southgate memutuskan untuk membawa keduanya.

Skuad tim nasional Inggris

Penjaga gawang: Dean Henderson (Crystal Palace), Jordan Pickford (Everton), Aaron Ramsdale (Arsenal)

Pemain belakang: Lewis Dunk (Brighton & Hove Albion), Joe Gomez (Liverpool), Marc Guehi (Crystal Palace), Ezri Konsa (Aston Villa), Luke Shaw (Manchester United), John Stones (Manchester City), Kieran Trippier (Newcastle United), Kyle Walker (Manchester City)

Pemain tengah: Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Conor Gallagher (Chelsea), Kobbie Mainoo (Manchester United), Declan Rice (Arsenal), Adam Wharton (Crystal Palace)

Pemain depan: Jude Bellingham (Real Madrid), Jarrod Bowen (West Ham United), Eberechi Eze (Crystal Palace), Phil Foden (Manchester City), Anthony Gordon (Newcastle United), Harry Kane (Bayern Munich), Cole Palmer (Chelsea), Bukayo Saka (Arsenal), Ivan Toney (Brentford), Ollie Watkins (Aston Villa).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *