• June 20, 2024
Erik ten Hag

Louis van Gaal: Erik ten Hag Butuh Waktu di Manchester United

Louis van Gaal memberikan pembelaan kepada pelatih Manchester United Erik ten Hag. Pelatih asal Belanda tersebut menyebut kompatriotnya butuh waktu lebih banyak di Old Trafford, meski mengaku dua musim terakhir berakhir dengan tidak begitu baik.

Ten Hag menunjukkan hasil positif pada musim pertamanya bersama Setan Merah usai didatangkan dari Ajax pada 2022. Pelatih 54 tahun ini membawa klub ke posisi tiga besar klasemen akhir Premier League dan menorehkan gelar Carabao Cup.

Namun musim keduanya menurun drastis. United menjadi salah satu tim terburuk dari segi pertahanan, yang meninggalkan mereka di posisi kedelapan pada klasemen akhir.

Untungnya musim 2023-24 berhasil diselamatkan oleh Ten Hag yang memberikan gelar FA Cup ke-13 bagi United, dengan mengalahkan juara liga Manchester City di partai final.

Baca juga:

Situasi ini membuat rumor beredar yang menyebutkan Ten Hag akan angkat kaki dari Old Trafford pada musim ini. Apalagi dengan pemilik baru United Sir Jim Ratcliffe yang ingin membuat perubahan di dalam dan luar lapangan.

Van Gaal sendiri juga melatih United selama dua musim sejak 2016 lalu. Meski hanya berada di posisi keempat dan kelima pada dua musimnya di Premier League, pelatih 72 tahun ini juga berhasil menyabet gelar FA Cup pada musim keduanya bersama Setan Merah.

Eks pelatih Belanda dan Barcelona ini bersikeras dirinya pantas mendapatkan waktu lebih banyak bersama United, begitu juga dengan Ten Hag.

“Ya tentu saja [Ten Hag harus bertahan], tapi saya juga membutuhkan lebih banyak waktu, pada saat itu,” kata Van Gaal kepada Sky Sports, mengenang waktunya saat melatih United.

“Saya juga memenangkan FA Cup, dan sebelum saya, selama 20 tahun tidak ada yang memenangkan FA Cup. Kini, Erik telah menjuarai FA Cup dan juga di tahun pertamanya [lolos] Champions League.”

“Saya pikir Anda tidak perlu memecatnya, dia membutuhkan lebih banyak waktu.”

“Tetapi saya juga bisa lebih kritis, dia belum melakukannya dengan luar biasa. Anda bisa [memberinya] banyak kritik, tapi dia telah menunjukkan bahwa dia adalah manajer yang baik.”

Baca juga:

Selain Ten Hag, Premier League kedatangan pelatih asal Belanda lainnya, dengan Arne Slot yang akan menggantikan Jurgen Klopp sebagai pelatih Liverpool.

Van Gaal memuji keputusan Liverpool untuk menunjuk eks pelatih Feyenoord berusia 45 tahun tersebut. Namun mewanti-wanti sulitnya peran untuk menggantikan Klopp, yang menorehkan kesuksesan untuk the Reds dalam sembilan musim terakhir.

“Ini pekerjaan besar karena Jurgen Klopp telah melakukannya dengan luar biasa, dia adalah penerusnya, jadi ini selalu lebih sulit,” jelas Van Gaal.

“Tapi dia adalah pelatih teknis yang bagus. Saya pikir, saat ini, sehubungan dengan keduanya, dia adalah pelatih teknis terbaik dari Belanda.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *